Rabu, 03 November 2010

Tugas pengantar bisnis minggu ke-5

Nama  : Hanis Trijunsa putri
Npm   : 23210125
Kelas  : 1EB18

Tugas Pengantar bisnis minggu ke - 5

1. Sebutkan fungsi manajemen dan terapkan pada diri anda dan apa manfaatnya ?
    jawab :
Dalam Manajemen terdapat fungsi-fungsi manajemen yang terkait erat di dalamnya. Pada umumnya ada empat (4) fungsi manajemen yang banyak dikenal masyarakat yaitu fungsi perencanaan (planning), fungsi pengorganisasian (organizing), fungsi pengarahan (directing) dan fungsi pengendalian (controlling). Untuk fungsi pengorganisasian terdapat pula fungsi staffing (pembentukan staf). Para manajer dalam organisasi perusahaan bisnis diharapkan mampu menguasai semua fungsi manajemen yang ada untuk mendapatkan hasil manajemen yang maksimal.
Di bawah ini akan dijelaskan arti definisi atau pengertian masing-masing fungsi manajemen - POLC :
1. Fungsi Perencanaan / Planning
Fungsi perencanaan adalah suatu kegiatan membuat tujuan perusahaan dan diikuti dengan membuat berbagai rencana untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan tersebut.
2. Fungsi Pengorganisasian / Organizing
Fungsi perngorganisasian adalah suatu kegiatan pengaturan pada sumber daya manusia dan sumberdaya fisik lain yang dimiliki perusahaan untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan serta menggapai tujuan perusahaan.
3. Fungsi Pengarahan / Directing / Leading
Fungsi pengarahan adalah suatu fungsi kepemimpinan manajer untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja secara maksimal serta menciptakan lingkungan kerja yang sehat, dinamis, dan lain sebagainya.
4. Fungsi Pengendalian / Controling
Fungsi pengendalian adalah suatu aktivitas menilai kinerja berdasarkan standar yang telah dibuat untuk kemudian dibuat perubahan atau perbaikan jika diperlukan.
Ada bebarapa manfaat yang diperoleh organisasi jika mereka menerapkan manajemen strategis yaitu:
1. Memberikan arah jangka panjang yang akan dituju 
2. Membantu organisasi beradaptasi pada perubahan - perubahan yang terjadi
3. Membuat suatu organisasi menjadi lebih efektif
4. Mengidentifikasikan keunggulan komparatif suatu organisasi dalam lingkungan yang semakin beresiko.
5. Aktifitas pembuatan strategi akan mempertinggi kemampuan perusahaan untuk mencegah munculnya 
    masalah di masa datang.
6. Keterlibatan anggota organisasi dalam pembuatan strategi akan lebih memotivasi mereka pada tahap  
    pelaksanaanya.
7. Aktifitas yang tumpang tindih akan dikurangi
8. Keengganan untuk berubah dari karyawan lama dapat dikurangi.

2. Apa ciri manajer profesional berdasarkan ketrampilan manajemen yang berkaitan
    - Dengan Hubungan antar pribadi
    -  Dengan Informasi
    - Dengan Pengambilan Keputusan
    jawab :
 - Ciri - ciri Manajer Profesional ketrampilan Manajemen yang dibutuhkan
    Berkaitan dengan Hubungan antar Pribadi
a. Pemimpin Lambang (Figurehead)Kepala Simbolis ; diperlukan untuk
menjalankan sejumlah kewajiban rutin yang bersifat legal dan sosial
b. Pemimpin (Leader) Bertanggung jawab untuk memotivasi dan
mengaktifkan bawahan ; bertanggung jawab untuk mengisi posisi yang kosong (staffing), melatih dan tugas-tugas yang terkait
c. Penghubung (Liaison)Memelihara suatu jaringan kontak luar yang berkembang sendiri yang memberikan dukungan dan informasi
Berkaitan dengan Informasi
a. Pemantau (Monitor)Sebagai pusat saraf informasi internal dan eksternal tentang organisasi
b. Pengendali Gangguan (Disturbance Handler)Bertanggung jawab atas tindakan korektif bila organisasi menghadapi gangguan mendadak dan penting
c. Pengalokasi Sumber Daya (Resource Allocator)Bertanggung jawab terhadap alokasi segala sumber
daya organisasi
d. Perunding (Negotiator)Mewakili organisasi pada perundingan-perundingan utama

3. Sebutkan Bentuk - bentuk Organisasi ?
    jawab :
BENTUK-BENTUK ORGANISASI
Ciri-cirinya :
-Hubungan atasan dan bawahan tidak seluruhnya
langsung
-Karyawan banyak
-Organisasi besar
-Ada 2 kelompok kerja organisasi sehingga ditekankan
adanya spesialisasi :
-Personel Lini
-Personel Staff

Tidak ada komentar:

Posting Komentar